Menikah dengan WNA





Edited 11 September 2019

Haiiiii… lama juga ya ga nulis di blog.
Karena ada beberapa pertanyaan mengenai persyaratan menikah di Indonesia dengan WNA, maka saya sharing disini mengenai apa yang dipersiapkan untuk menikah dengan WNA secara muslim, sesuai persyaratan yang ditentukan. 
Mudah-mudahan berguna.

Pernikahan muslim didaftarkan di KUA setempat. 

Dokumen-dokumen yang diperlukan dari calon yang WNA adalah :
1.    Birth certificate / Akta lahir
2.    Dissolution married certificate (bila sudah pernah menikah dan cerai) 
3.    Paspport 
6.    Pas photo ukuran 2x3 4 (empat) lembar

Birth certificate dan Dissolution married certificate diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah disumpah.

Certificate of No impedement to marriage (CNI) di apply di kedutaan negara asal WNA di Indonesia, karena suami saya Australian, maka applynya di kedubes Australia di HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta.
Note : 
CNI asli akan diambil oleh KUA, maka sebaiknya di scan dulu dan copy banyak-banyak, karena kelak dibutuhkan untuk setiap urusan imigrasi si WNA.

Surat keterangan kepolisian (STM) adalah tanda lapor diri, di apply berdua ketika WNA nya sudah di Indonesia. Apply-nya ke bagian Inteligen Polres setempat dimana domisili KTP Anda berada.

Dokumen-dokumen yang diperlukan dari calon yang WNI sbb : 
1. Photo copy KTP
2. Photo copy Kartu Keluarga
3. Surat pernyataan belum pernah menikah diatas materai Rp 6000,- diketahui oleh RT, RW dan Lurah setempat, atau Surat cerai (apabila sudah pernah menikah dan cerai).
4. Surat keterangan untuk menikah dari Kelurahan setempat, yaitu model N1, N2 dan N4
5. Pas photo ukuran 2x3 4 (empat) lembar

Semua dokumen calon istri dan calon suami diserahkan ke KUA setempat, untuk didaftarkan mengenai : 
1. Dimana tempat berlangsungnya pernikahan  
2. Kapan jadwal pelaksanaan pernikahan  
3. Siapa penghulu yang akan menikahkan 

Selamat menempuh hidup baru, semoga menjadi keluarga sakinah, mawadah dan 
warohmah. Aamiin.

Komentar

Unknown mengatakan…
Salam.. Mba Eny..

saya punya pertanyaan, karena saya mau menikah dengan orang Australia juga, saya pernah baca katanya kalou mau nikah sama WNA harus pakai Agen dan biayaya nya mahal juga itu benar ga sih ?.. tolong share ke saya pengalaman anda sebelum menikah dengan suami Mba,, dan ada kemungkinan setelah menikah saya tinggal di australia,jadi saya mau tanya apa saja yang harus saya siapkan
nanti ,, Saya mohon bantuan Mba,, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih,,
JazakAllah Khair...
Eny DArief mengatakan…
halo Ani,
Waktu menikah saya tidak pakai agen, semua surat-surat saya urus sendiri (untuk surat-surat lokal)dan berdua dengan calon suami (untuk surat keterangan dari kedutaan - CNI). Persyaratannya seperti yang saya sharing disini dan di postingan2 saya sebelumnya, lumayan lengkap kok.
Mengenai visa tinggal di Australi, silahkan buka di websitenya Australian embassy.
Ok Any, semoga memmbantu.

Unknown mengatakan…
salam.. Mba Eny.. moga kabar Mba sekeluaga lagi baik..

Mba saya mau tanya lagi, kalau prenuptial agreement itu perlu ga? dan apakah Mba sebelum menikah dulu membuatnya?.. karena saya in sha Allah mau ikutin cara Mba step by step, biar lancar,dan moga aja ga ribet... saya berterimakasih sekali.. karena blog Mba sangat membantu saya..

wassalam
Eliys mengatakan…
Dear bu Eny,

Dokumen apa aja yang harus dipersiapkan untuk pembuatan CNI

Thank you
Eny DArief mengatakan…
prenuptial agreement tergantung pribadi masing-masing dan tergantung kesepakatan berdua, apakah perlu buat atau tidak, itu kan soal pemisahan harta saja.
Saya tidak buat prenuptial agreement tsb.
Semoga lancar ya pernikahannya.
Eny DArief mengatakan…
Hallo Eliys,
Silahkan diliat tulisan saya disini :
http://ilalanggrass.blogspot.com/2012/04/c-n-i-certificate-of-no-impediment-to.html
http://ilalanggrass.blogspot.com/2012/07/marriage-in-indonesia-for-australian.html
disitu ada informasinya.
sylvia 01 mengatakan…
dear mba enny,

apa kabar mba? salam kenal saya sylvia

mba tahun kemarin saya sudah menikah dengan warga negara Australia , Dan Kami menikah disana sehingga Surat nikah Kami dikeluarkan Australia .
yang saya Mau tanyakan apakah saya harus membuat Surat catatan sipil disini? ataukah Surat pernikahan Australia saya sudah otomatis diakui oleh negara?

terima kasih atas info nya mbak.

sylvia
Eny DArief mengatakan…
Hai Sylvia, maaf ya baru balas.

Mengurus surat-surat imigrasi Indonesia untuk suami WNA diperlukan akte nikah. Apabila sertifikat nikah dikeluarkan di negara suami, pihak imigrasi meminta sertifikat nikah yang sudah legalisir / didaftarkan di Catatan sipil (non muslim) atau di KUA (muslim). Jadi, memang harus didaftarkan Syl, apabila mau mengurus keimigrasian suami.

semoga membantu ya.

riani mengatakan…
Halo Mba Eny, apa kabar, semoga blognya masih dipakai, :))
oh yah mba, q pengen nanyain jika nikah dengan pria WNA, untuk hak kewarganegaraan saya sbg WNI,
itu statusnya gimana yah Mba, jika nantinya saya berdomisili di t4 calon suami saya??
apakah ada jangka waktunya, ataukah saya harus pulang setiap tahunnya? mohon bantuannya yah Mba

thanks
Riani
Eny DArief mengatakan…
Hallo Riani,

Meskipun menikah dengan WNA, kita berhak menentukan pilihan kewarganegaraan, mau tetap WNI atau ikut suami (meskipun tinggal di negara asal suami). Coba cek ke website embassy mengenai PR.

Semoga membantu.
diah tarin mengatakan…
mbak sya mau menikah dg warga negara australia, pa bisa saya mengurus CNI di embassy Bali? krena sy tnggal d banyuwangi. kira-kira brp lama proses pembuatannya?
Eny DArief mengatakan…
R_dya,

CNI bisa diurus di Australian embassy di Bali.
Prosesnya hanya setengah jam selesai. Buat appointment dulu 1 hari sebelumnya.

Ok. Semoga membantu.
Anonim mengatakan…
Mbak Eny yg terhormat...nama saya Santi, mau bertanya, semoga Mbak bersedia membantu jawabnya..begini Mbak, tahun depan calon suami saya WNA dari Amerika akan datang dan tinggal di Jakarta selama 2 minggu saja untuk melangsungkan pernikahan dengan saya, karena dia tidak dapat meninggalkan pekerjaannya terlalu lama disana..setelah menikah, rencananya saya akan bersama dia pulang ke negara dia...jadi sekiranya untuk mempercepat prosedur pengurusan surat surat pernikahan secara legal disini,..apakah ada yag bisa saya lakukan untuk mencicil urusan ini ? mengingat dia hanya kan dapat berada disini selama 2 minggu..dan sebaiknya berapa bulan sebelum dia datang saya bisa mulai mengurus ini itu ? dan berapakah kira kira biayanya ya Mbak, kami berdua adalah non muslim sehingga pencatatan pernikahan di kantor catatan sipil...dan setelah memiliki surat nikah apakah saya dapat langsung ikut dia dan berangkat bersama-sama dalam satu pesawat pulang ke negara dia, karena saya takut akan resiko tersesat jika berangkat terpisah..dan apakah calon suami saya itu perlu membuat VITAS ? karena dia hanya akan datang selama 2 minggu saja dan tidak berniat mencari pekerjaan disini...terimakasih sebelumnya ya Mbak Eny D Arif, semoga Allah SWY membalas jasa kebaikan Mbak menjawab pertanyaan saya yang sedang super bingung ini..
Eny DArief mengatakan…
Hai Santi,
Untuk mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan sebenarnya tidak lama, amannya 2 bulan cukup.
Dari sekarang sebaiknya sudah diminta kirim : copy akta lahir, dissolution married certificate (jika ada), passport calon suami (lihat persyaratan WNA no. 1 s/d 3), kemudian ditranslate di indonesia dengan sworn translation.
Translate document2 tsb tidak sampai 1 minggu sudah selesai.
Sementara itu kamu siapkan dokumen-dokumen localnya (lihat perysratan WNI no. 1 s/d 5). Documen local bisa minta bantuan keluarga untuk urus dikelurahan. Mudah dan 1 hari selesai.
Beres peryaratan WNI semuanya dan persyaratan WNA no. 1 s/d 3 dan no.6, segera daftarkan ke catatan sipil untuk schedule pernikahan.

Untuk mendapatkan ijin menikah dengan WNA, masing-masing embassy tentu beda caranya, tapi biasanya dilakukan setelah WNA nya tiba di Indonesia. Baiknya tanyakan langsung ke embassy Amerika. Kalau kedutaan Australia bisa dilakukan dalam 2 hari kerja (1 hari sebelumnya appointment, 1 hari berikutnya langsung datang ke embassy dan langsung jadi Ijin menikahnya / CNI).

Persyaratan WNA No.5 juga harus tunggu WNA nya datang di Indonesia. Proses POLRES tidak lebih dari 1 jam saja.

Setelah semua syarat terkumpul, segera susulkan ke Catatan Sipil.

Sebelum menikah tidak bisa urus VITAS sponsor istri. Datang pakai VOA is Ok.
Selama Santi punya visa USA yang masih berlaku, tentunya bisa berangkat kapan saja bareng suami.

OK semoga membantu.
Anonim mengatakan…
Hallo Mbak Eni,

Nama Saya Evi. Saya mau tanya tentang isyu yang dulu masih beredar tentang RUU pernikahan campuran yang mewajibkan WNA membayar Uang Jaminan 500 Juta jika menikahi WNI muslim. Apa isyu itu masih menjadi kajian saja atau sudah di syahkan? Kami Muslim dan berencana menikah tahun depan di Indonesia. Jika pun iya, apakah hal itu berlaku jika menikah di Indonesia saja, atau juga berlaku jika menikah di luar negeri juga?
Terima kasih sebelumnya untuk jawaban mbak. :)
Salam
Eny DArief mengatakan…
Hallo Evi,

Saya juga pernah mendengar hal tersebut, tapi pada prakteknya tidak pernah ada. Wanita muslim ataupun non muslim bebas menikah dengan WNA. Apabila menikah di Indonesia persyaratannya sesuai dengan yang tercantum pada KUA/catatan sipil.
Ok Evi, semoga jawaban saya membantu.

Salam.
Anonim mengatakan…
mbak kalo nikah nya campuran gimana ya? maksudnya beda agama? susah dan ribet ya?>
tolong di bales karena saya mau nikahan ini. thanks
Eny DArief mengatakan…
Hi..
Mengenai menikah di Indonesia dengan WNA, saya tidak tahu bagaimana peraturan negara lain. Kalau peraturan dari embassy Australia mengharuskan satu agama.
Coba di google aja.

Salam.
Anonim mengatakan…
halo mba..
boleh nimbrung nanya mba,,,
klo menngurus surat iin menikah dari kedutaan australia, apakah ybs idak bisa diwakilkan oleh saya (calon pengantin perempuan?) krn ybs posisi di aussie.jd ntar pas datang sdh gak ribet lg.
thx mba info nya..
Unknown mengatakan…
Assalamu'alaikum Wr Wb,

Mbak eny, saya mau nanya nih. Saya mau nikah, calon suami saya warga afghani, kami sulit untuk mewujudkan niat yang baik ini krn untuk warga afghani, sponsornya harus di interview dlu di jakarta, jika lulus baru di bikinin visa tapi lau gak tidak di bikinin visa. Nah, yang saya bingungkan sekarang untuk bikin undangan ke 2. saya harus bagaimana mbak. bikin undangan lagi atau bagamana ? kalau langsung invite untuk nikah mungkin gak bisa karna kan CNI harus di bikin berdua ke ledutaan afghanistan di Jakarata.

Mohon bantuannya mbak,


Wassalam :)
Unknown mengatakan…
Assalamu'alaikum Wr Wb

Mbak eny, mohon bantuannya,

Saya ingin mnkah tp calon saya afghani shg dia tidak bisa pake Visa On Arrival, hrus di invite gtu dari indo dan saya sebagai sponsornya, tp setelah di coba untuk invite pertama saya gagal invite dia ke indo mbak. Dan sekarang mau bikin invite ke 2, takutnya gagal lagi. Nah, apakah saya harus invite untuk pertemuan biasa atau nikah, krn jika reason nya nikah sedangkan untuk CNI kita harus ngurus berdua dg calon kita ke kedubes Afghanistan di Jakarta.

Makasih ya mbak,

Wassalam.
Eny DArief mengatakan…
Haloo..

Mengurus CNI tidak bisa diwakilkan. Urus CNI jauh lebih mudah dibanding urus dokumen lokal lainnya. Satu atau dua hari sebelum calon suami sampai Indonesia, calon istri bisa buat appointment by phone ke embassy, setelah calon suami tiba di Indonesia bisa langsung datang ke embassy sesuai jadwal yg sudah ditentukan, proses tidak sampai 1/2 jam selesai.

Salam.
Eny DArief mengatakan…
Waalaikum salam wr wb.
Putri, saya tidak ada pengalaman untuk invite kunjungan WNA, kalau saya jawab takutnya salah.
Untuk niat yang baik ini, apabila kunjungan ke Indonesia akan lebih mudah dengan undangan untuk tujuan menikah, apakah bisa dicoba dengan menyebutkan sesuai tujuan kunjungannya : "untuk rencana pernikahan dalam waktu dekat, selama masa kunjungan" ? Pengurusan CNI di kedubes Afghanistan bukankah bisa diatur/dijadwalkan setelah tiba di Indonesia?

Putri coba google, mungkin ada yg pernah mengalami hal tersebut.

Wassalam.
Zr mengatakan…
Asslm. Mbak, saya mau nanya. Proses untuk dptin CNI itu brp lama? apakah butuh wkt berbulan-bulan? Trus wkt ngurus visa izin nikah, brp lama suami mbak nunggu smp visa granted? mksh mbak.
Zr mengatakan…
Asslm. Mbak saya mau nanya, brp lama wkt proses untuk dpt CNI dr dubes aus di jkt? trus brp lama wkt pengurusan visa izin nkh di kedutaan ina yg ada di aus smp visa di granted? Mksh ya mbak.
Eny DArief mengatakan…
Waalaikum salam Zr,

Proses CNI paling lama hanya 1/2 jam jadi. Bikin appointment by phone dulu 1 hari sebelumnya.
Kalau menikah di Indonesia tidak diperlukan visa ijin nikah.
Saya tidak tahu proses visa dimaksud.

Salam.
Zr mengatakan…
Oohhh gitu mbak. Soalny saya dpt info lain dr salah satu tmn calon suami saya yg menikahi wni, ktany apply visa di embassy indo yg ada di canberra atau konsulat jenderal sosbud di sydney or melbourne. Visa itu utk izin nkh dan saat apply hrs ada surat dr sponsor yaitu saya. Tlg infony ya mbak klo mbak tahu. Mksh byk mbak.
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum..
Selamat menjalankan ibadah puasa kak..
Boleh yaa tanya2 pengalaman menikah dg wna..
Saya berniat menikah dg wna aus septmber ini..
Tapi saya bingung mana yang harus saya urus dulu?
kami rencana akan menikah di kua nanti setelah akte nikah kami keluar apakah kami juga harus mencatatkanya dicatatan sipil?untuk proses mengurus syarat sampe dengan menikah membutuhkan waktu berapa lama?calon suami saya hanya tinggal sebulan di ind karena pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan..terima kasih..wassalam
Eny DArief mengatakan…
Waalaikum salam wrwb.
Hallo Rini,

Yang pertama dilengkapi data calon suami WNA yang diperlukan untuk KUA kemudian ditranslate di sworn translator. Kemudian data kamu juga mulai dilengkapi seperti yg saya sebutkan di postingan ini. Sambil menunggu CNI dan STM akan di apply (2 surat ini dibuat setelah WNA di Indonesia) kamu bisa datang ke KUA, bikin janji kapan waktu nikahnya, dan sekalian info ke KUA kapan akan serahkan dokumen lengkapnya.
Pernikahan KUA tidak perlu dilaporkan ke catatan sipil.
Lama proses pengurusan, tergantung lama tidaknya kamu terima dokumen dari calon suami kamu. Kalau normalnya pengurusan dokumen lengkap sampai selesai hanya 2 minggu s/d 1 bulan.
Silahkan baca semua mengenai pernikahan dengan WNA di blog ini, lengkap kok.

Semoga membantu ya.
Unknown mengatakan…
Makasih kak..
boleh tanya lagi yaa..
Apakah dokumen calon suami saya yng sudah dalam bentuk bahasa indonesia nntinya perlu di legalisir di kedutaan?
Anonim mengatakan…
Ass wr wb,

Mbak makasih postingan ya.. Sangat bernanfaat. Tapi bagaimana dng keterangan pindah agama? Apakah itu diperlukan juga? Yang saya dengar begitu.
Apa mbak ada informasj atau pengalaman?

Terima kasih

Wass wr wb

Nana
Eny DArief mengatakan…
Waalaikum wr wb
Hai Nana,saya tidak mengetahui informasi tsb. mudah2an ada pembaca yang bisa bantuin Nana.

Salam.
Eny DArief mengatakan…
Hallo...
tidak perlu dilegalisir, Rini.

Salam
Unknown mengatakan…
Ikutan donkkkkkkkk,,,kenalin namaku aya, ku mau tanya,waktu buat CNI,data calon suami sudah lengkap.trus apa aya juga harus nyiapin data dari aya sendiri?butuh paspor aya juga ya???apa cuma KTP aja?
Trus aya dulu sudah pernah buat paspor tapi paspot TKW,pa paspot TKW itu dah gk berfungsi??clon suami dri turki and paspor aya dulu kerja di taiwan,,,

Makasih buat jawabanya,,aya tunggu lowww,,salam kenal...
Eny DArief mengatakan…
Hallo Aya,

Salam kenal juga.
Saya tidak tahu persyaratan kedutaan Turki seperti apa, kalau di kedutaan Australia, berdasarkan pengalaman saya, calon istri hanya menyiapkan KTP dan copynya. Sedangkan suami menyiapkan semua data yang dibutuhkan, baik asli dan copy.

Semoga membantu ya Aya.
Anonim mengatakan…
salam,mba eny
sebelumnya terimakasih atas info yang sangat bermanfaat ini,kebetulan saya ada rencana akan menikah dengan wna turki,dan dia hanya punya jatah waktu 2 minggu untuk datang dan menikah di indonesia,in sha allah,saya akan mengikuti saran mba,untuk memulai proses di KUA,hanya saya hanya mau tanya jika data dari calon sumai sudah saya terima,lalu
ditranslate di sworn translator,itu di mana tempatnya,mohon pencerahannya
Eny DArief mengatakan…
Kalau di Jakarta timur dan sekitarnya, coba hubungi dibawah ini :

BNS TRANSLATION SERVICES
Telp: (62-21) 88854126, 91691426, 081288177668 - 081584443776
Fax: (62-21) 88854126
E-mail: bnstrans@yahoo.com
website : http://www.bnspenerjemah.com/

harga terakhir saya translate April 2013, Rp 40.000 per halaman.

semoga membantu ya.
Anonim mengatakan…
Selamat Pagi Mbak Eny,

Mau tanya nih,kalau KTP aku Bekasi, untuk mengurus STM ( Surat Tanda Melapor ) itu harus di Polres Bekasi atau di Komdak aja bisa ? and biasanya berapa hari surat itu bsia didapat ? Calon Suami saya datang seminggu sebelum menikah soalnya, jadi worried, and biasanya Polisi minta uang berapa yah untuk surat ini ??
Thanks yah.. - Rily-
Eny DArief mengatakan…
Hallo Rily,

STM di apply di POLRES sesuai KTP pelapor, jadi harus di Bekasi sesuai KTP Rily.
STM selesai dihari yang sama, paling lama 30 menit.
Polisi tidak minta uang dan memang tidak ada biaya resmi.
Kalau mau, kasih staff yang ngetik saja 100-200 ribu.

Ok Rily semoga membantu.
Anonim mengatakan…
Assalamualaikum,
Salam kenal Eny,, saya mo tanya tentang CNI. Calon saya lebanesse dan kita sama sama tinggal di Malaysia. Mengingat waktu kami yang singkat, apakah bole CNI di urus di keduataan lebanon di Kuala Lumpur?

Makasihsebelumnya...
Wassalam
Unknown mengatakan…
assalamu alikum mbak, sy aini dari medan. insyaallah sy akan melangsungkan pernikahan dengan warga negara australia di akhir tahun ini. sy mau tanya kalau semua dokumen sudah lengkap berapa lama proses translate nya? mohon pencerahan nya.
Unknown mengatakan…
trus apa bisa dalam 2 minggu rampung semua mbak? semua dokumen include surat nikah
Unknown mengatakan…
trus mbak, apa dalam 2 minggu bisa rampung semua? include semua dokumen dan surat nikah.
Anonim mengatakan…
Hi Mba Santi,,Salam kenal ya..Sy jg Non Muslim,,dan sy ada bbrp Info ttg menikah dg WNA di Cat.sipil.
sy Menikah dg WN Brazil bulan Maret kemarin,,tpi sy lakukan di ngr suami :)
Oh ya jgn takut traveling sendiri,,coz sy dah 2x traveling sendiri,,dan yg pertama kali pun tdk ada masalah,,saran sy lebih baik naik Emirates,,krn tujuan ke Benua Amerika bagasi bs sampe 40 kg..
oh ya,,kamu nga' bs langsung ikut suami ke ngrnya,,krn msh ada srt2 yg hrs diurus dan jg hrs menunggu spouse visa.
klo mau lebih byk share lagi ma aku,,silakan email aku ke abd.ivon@yahoo.com
Buat Mba Eny,,trim's dah boleh share di sini :)
Anonim mengatakan…
Buat Mba Santi,,yg akan nikah dg WN Amerika ,,trus di Ca.sipil..Please email me ya,,sy ada bbrp info untuk mba..Alamat email sy abd.ivon@yahoo.com
Thanks buat Mba Eny.
Anonim mengatakan…
Mba Aini..coba cari di google aja,,alamat translator yg diakui embassy..yg populer dan dah sering dipake sih yg di Wisma Benhil lt.6 ..
Anonim mengatakan…
Jika menikahnya di Malaysia,,boleh
Anonim mengatakan…
Mba Eny,,maaf ikutan nimbrung ya..soal srt pindah agama,,jika sblmnya bukan Muslim mmg hrs dilampirkan,,pihak KUA meminta..trim's
Anonim mengatakan…
Sekedar tambahan ya Mba Eny..Pernikahan di KUA mmg tdk dilaporkan ke Ca.sipil..tpi sblm didaftarkan ke kedutaan ngr suami,,terlebih dulu dilegalisir di Kementrian Agama,Kementrian Hukum dan Ham,serta Kementrian Luar Negeri..Trim's mba :)
Anonim mengatakan…
Mba,,sy sekedar share ya..Calon Mba boleh dtg dgn Visa Sosbud yg berlaku 60 hari,,dan mba hrs buatkan surat sponsor..boleh email sy untuk dptkan contoh srtnya ..Ini email sy abd.ivon@yahoo.com
Bisa jg dg VOA,,dimana Calon mba hny perlu mengisi form yg dipesawat,,bgt mendarat byr visanya di loket $25..Moga membantunya..trim's mba Eny
Anonim mengatakan…
Sy bantu share ya mba Eny,,untuk ngr2 rawan termasuk afganistan diperlukan call visa,,dan mmg nga' bisa VOA..Untuk spy nga' gagal lagi,,coba komunikasikan dg pihak imigrasi,,dan tykan alasan knp yg pertama gagal..
Pihak Imigrasi biasanya akan meminta byk bukti2 pendukung.
thanks ya Mba Eny.
Anonim mengatakan…
Halo mbak,sy bulan oktober mau menikah dgn WNA Amerika,bs tolong bantu apa yg hrs sy persiapkan dr awal mengenai dokumen dan dokumen dr calon suami diurus setlh dia datang apa ada beberapa dokument yg dia harus kirim terlebih dahulu,sy bener2 bingung..trs mengenai pengurusan CNI apa bs diwakili oleh sy,dan brl lama prosesnya soalnya waktu dia datang hanya 2 minggu dan dia hrs membali kerja ,dan sy sdh hrs menentukan tgl utk menikah,..tolong dibantu masukannya mbak. Trs setelh menikah proses apa lg yg hrs sy urus utk mengesahkan pernikahn kami diindonesia dan amerika. Untuk mendapatkan visa k3 brp lama ya? Calon aku maunya setlh nikah bs langsng pulng bareng. Oya seblmnya sy sdh pernh menikah dan sdh memiliki 2 anak dibawah umur. Apa hrs ada surt pernyataan dr mantan utk bw anak anak keluar negeri? Sy khawtr kl dia mempersulit. Mudah2an ada info yg bs sy jadikan penyegaran. Ty so much mbak.
Unknown mengatakan…
Hai aini

Saya nimbrung ya kemaren saya translate document calon suami saya ga sampai 7 hari sudah kelar kok,kemaren saya menggunakan jasa translator Nikolas T. Pangutama alamatnya
Jl. Kweni No. 18
Radio Dalam - Kebayoran Baru
12140 Jakarta Selatan - Indonesia
Tel. +62-21-70540123, 7202016
Mobile +62-813-17055859
pangutama (at) gmx (dot) net biayanya perlembar 150ribu karena beliau penerjemah yang tersumpah dan diakui,moga membantu ya kalau document kamu sudah lengkap masalah translate ga memakan waktu lama dan saya juga tidak tinggal di jakarta cukup saya kirim saja semua document ke alamat beliau.Kalau masi ada yang ingin ditanyakan bisa by email : Lessy_gusnita@yahoo.com semoga sukses dan lancar ya urusan pernikahannya amin
niawashi mengatakan…
Note untuk Nana, mudah2an belum terlambat.

Syarat untuk WNA :
Surat pindah agama (apabila terjadi) dilampirkan fotocopynya apabila menikah di KUA. Pengalaman saya demikian, disertakan fotocopy sertifikat pindah agama. Semoga membantu ya.

salam
nia
Unknown mengatakan…
assalamualaikum mba eny. Salam kenal
Saya dian santika. Sehubungan dengan rencana saya akan menikah dengan warga negara amerika , ada yg mau saya tanyakan. Apakah document birth certificate yg dipersyaratkan KUA dapat digantikan dgn naturalisation certificate sehubungan calon suami saya originalnya adalah bangladesh citizen usa

Terima kasih informasinya
Unknown mengatakan…
Salam kenal mba eny dan semua teman teman.
Sehubungan dengan rencana saya akan menikah dgn warga negara amerika ada hal yg ingin saya tanyakan. Apakah birth certificate yg merupakan persyaratan KUA dapat digantikan dgn naturalisation certificate .kebetulan calon suami saya adalah original bangladesh dan citizen usa.

Terima kasih informasinya
Unknown mengatakan…
assalamualaikum mba eny. Salam kenal
Saya dian santika. Sehubungan dengan rencana saya akan menikah dengan warga negara amerika , ada yg mau saya tanyakan. Apakah document birth certificate yg dipersyaratkan KUA dapat digantikan dgn naturalisation certificate sehubungan calon suami saya originalnya adalah bangladesh citizen usa

Terima kasih informasinya
Unknown mengatakan…
salam kenal
Anonim mengatakan…
hallo mba eny dan para komentator :)

bingung juga menikah dengan WNA, karena masalahnya embassy or consulatenya gak ada di indonesia jadi gimana dong buat CNI nya? kebetulan warga negara calon suami saya itu dari Mauritius, aku baca postingan diatas juga ada yg bilang harus berdua juga ke embassy or konsulatnya untuk mendapatkan CNI itu, aku udah google konsulat mauritius di indonesia tapi kayaknya sudah gak ada sekarang, calon saya itu cuman sekitar 2 minggu di indonesia jadi gimana ya pengurusan surat2nya soalnya dia sdh apply visa indonesia

Unknown mengatakan…
@green love : hi mbak.... makasih ya atas informasi nya yang sangat membantu.... kebetulan sy tinggal di medan. minggu depan mau tanya2 info KUA dulu, hehhhhehe
Anonim mengatakan…
Menikah beda agama boleh dilakukan secara sipil di negara2 tertentu,,misalnya Singapore,Thailand,Hongkong,bahakan di negara2 barat jg bisa..Salam
Eny DArief mengatakan…
Waalaikum salam wrwb.

Dian, semoga pembaca lain bisa membantu permasalahan Dian.
Sorry saya tidak bisa menjawab.

Salam.
Eny DArief mengatakan…
Halooo..

Semoga ada pembaca yang bisa membantu permasalahan ini.

Salam.
Eny DArief mengatakan…
Halo, sorry baru bisa membalas, semoga masih bisa membantu.

Menikah di Indonesia harus ada CNI yang diapply langsung oleh WNA bersangkutan di kedutaan Amerika di Indonesia, tidak dibisa diwakili.
Saya tidak tahu berapa lama proses pembuatan CNI di kedutaan USA, tapi berdasartkan pengalaman, di kedutaan Australia hanya memerlukan tidak lebih dari 1/2 jam saja.

Biasanya pernikahan campur yang dilakukan di Indonesia dan sudah sesuai persayaratannya, tidak perlu dilakukan pengesahan lagi di negara asal pasangannya. Sertifikat / buku nikah tersebut bisa langsung digunakan untuk apply Partner visa.
Untuk apply Partner visa memerlukan waktu yang sangat lama (bisa sampai 1 tahun), terlebih membawa anak dibawah umur (yang salah satu orangtuanya tidak ikut), tidak cukup hanya pernyataan dari ayahnya, tapi harus ada custody letter dari Pengadilan Negeri, yang menyatakan bahwa Anda mendapat hak asuh penuh dari anak-anak tersebut.
Coba di google persyarata visa di maksud di webnya USA embassy.

Salam.
Anonim mengatakan…
Embassy Mauritius adanya di Malaysia Mba,,coba la ke sana untuk mendapatkan CNI..ini alamatnya (jika blm berubah ya)
Mauritius (Embassy of the Republic of Mauritius)
Chancery : Bangunan Angkasa Raya,Suite ABC-14th floor
Jl. Ampang,50450
Kuala Lumpur
Anonim mengatakan…
Mba Dian,,coba hubungi KUA..Tapi menurut sy nga' masalah sih krn kan Birth certificate hy menjelaskan ttg kelahirannya sj,,lagian dia dah citizen jadi pasti mudah mendapatkan CNI di Embassy of US ..Moga membantu :)
Anonim mengatakan…
mengenai CNI ini apakah memang langsung apply ke kedutaan ataukan harus ada pengantar dari negaranya untuk kemudian bisa apply CNI di kedutaan atau gimana? soalnya menurut info dari calon suami aku katanya untuk mendapatkan CNI dari instansi yg berwenang di negaranya sangat ribet memang beda ya aturan setiap negara, jadi kami kebingungan, jadi bisa gak ya langsung apply aja ke embassy yg di malaysia @ mbak anonymous: makasih infonya untuk embassu Mauritius di Malaysia
vika savitri mengatakan…
hi mba, salam kenal.

nama saya savitri, saya mau tanya. sebenernya apakah aman kalau kita mengurus pernikahan dengan agen? (untuk mengurus data2 semuanya) aku sbnrnya agak takut jg (masalah di duitin yg gak jls) tp kata calon suamiku yg WN swedia dy blg tmnya ada yg pakai jasa itu. kebetulan kita punya palaning menikah sblm desember ini. aku sdkt serba salah satu sisi aku mngerti calon suamiku sibuk (gak bisa nntnya sering ijin untuk take off) kalau kita mau urus sndr. dia bekerja disini sih di jakarta. aku bawaanya takut salah aj krn takut mkn waktu lama dan acranya nnt kita mau buat party, sementara party kan dlm sesi penyewaan harus book dari jauh hari. pikiranku jd bercabang. :(

*tolong di bantu ya mba2, terimakasih.
Anonim mengatakan…
Tiap negara mmg beda2 aturannya,,setahu sy untuk UK pun hrs diurus dulu di ngrnya,,setelah dtg ke Indo,,baru ke kedutaannya untuk ditukar dg CNI yg diterbitkan oleh kedutaan,,bgt jg dg Brasil (kebetulan sy nikah dg WN Brasil)..Coba lah pelan2 untuk mengurusnya..Salam :)
Anonim mengatakan…
Mba Savitri,,urus aja soal dokumen sendiri,,apalagi calonnya di Jkt,,kan dia bs ke kedutaannya untuk ngurus dokumennya..klo translate,,kan skrg bisa via email or ada kurir untuk itu,,nah klo soal party boleh lah pake WO..:)
Anonim mengatakan…
Hi mbak Eny salam kenal

Blog nya sangat bagus and membantu sekali, terima kasih
maaf sy lg stress jg kurang konsentrasi membacanya
sy Muslim dan calon sy bukan
sy berniat utk menikah secara KUA
calon sy cuma punya waktu 2 minggu di Jakarta
langkah2 apa yg mesti sy lakukan sebelum dia balik ke Negaranya (Australia)
dlm waktu 2 minggu bisa tidak semua persyaratan terpenuhi
klw mau nyicil apa yg sy lakukan sebelum dia datang.
maaf kepanjangan ...

Terima kasih
LS
Eny DArief mengatakan…
Hallo LS,

UU di Indonesia mengharuskan menikah satu agama. Apabila pernikahan di KUA artinya pernikahan dilakukan dengan cara islam, artinya harus ada certifikat pindah agama (liat jawaban Nia Sanardi Koji diatas).
2 minggu cukup apabila hanya untuk menikah saja. Calon suami hanya diperlukan saat urus CNI ke embasy dan saat buat STM di POLRES, itu hanya makan waktu tidak sampai 1 hari. (liat tulisan saya soal CNI dan STM di blog ini).
Yang kerja keras adalah calon istri yg berada di Indonesia karena pernikahannya di INdonesia) seperti urus ke kelurahan, daftar ke KUA dan menyerahkan berkas yg dibutuhkan ke KUA.
Selain itu harus ada kerjasama dgn calon suami untuk segera kirim dokumen2 dia yg diperlukan, untuk segera ditranslate, by email saja lebih praktis. Kecuali 'surat cerai' (apabila ada), yg ini harus asli.

Jadi yg perlu dicicil duluan sebelum dia datang ke Indo : dokumen2nya kirim dulu sambil Anda urus dokumen lokal disini.

Tenang saja LS, jangan stress, minta bantuan keluarga.

Ok, semoga membantu
Eny DArief mengatakan…
Betul sist Anonymous.

Urus sendiri saja Savitri Senja, tidak sulit. Yang penting tenang, dan kerjakan satu persatu.

Ok.
Riesa mengatakan…
Halo saya seneng bngt bisa nemu blog ini. Sy juga berniat menikah dg WNA asal Australia dan dia seorang militer. Jadi yang mau saya tanyakan apakah persyaratan untuk warga sipil dan militer sama atau ada tambahan dokumen yang diperlukan? Mohon bantuannya ya mbak dan terima kasih sebelumya.
Anonim mengatakan…
halo Riesa,coba telpon ke kedutaan australia dan tanyakan apa saja syarat nya yg di perlukan untuk menikah dgn WNA Australia yg dia nya seorang miiter.
Unknown mengatakan…
assalmualikum wr. wb
makasih kak buat saran2nya..
saya udah nikah dg wna aus tgl 22 sep kmren..
ternyata gak seribet yang saya bayangkan..
alhamdulilah semuanya udah selesai..tinggal urus visa tinggal sekarang
Eny DArief mengatakan…
waalaikumsalam wr.wb.
selamat ya Rini atas pernikahannya.
Anonim mengatakan…
halo mbak... mau tanya contoh Surat Tanda Melapor ke polisi seperti apa?
Eny DArief mengatakan…
Halloo,

Surat Tanda Melapor dikeluarkan dari POLRES, selembar surat biasa berisi keteranagan mengenai tuan rumah dan tamu asing yang datang serta tujuan berkunjung.
Saya tidak punya copynya. silahkan google sist.

Semoga membantu.
Anonim mengatakan…
Hi mbak Eny, saya rencana menikah dengan wn Australia, tapi calon suami ingin menikah secara agama saja di Indonesia (kami sama-sama muslim) , lalu dengan visa tourist saya ikut suami dan menikah secara resmi di australia, karena menurut suami mengurus pernikahan di negaranya lebih mudah dibandingkan di Indonesia. menurut mbak eny berdasarkan pengalaman apa ini baik? , trus kalo mengurus pernikahan secara resmi di Indonesia biasanya berapa lama ya? apa biayanya mahal? apa setelah selesai nikah bisa langsung ikut suami ke negaranya?thanks ya atas jawabannya.
Eny DArief mengatakan…
Hai,
Saya tidak tau sesimple apa pernikahan yang dilakukan di aussie. tapi berdasarkan pengalaman saya dan beberapa teman yang juga pembaca blog ini, menikah di indo tidak sesulit yg dibayangkan, ikuti saja stepnya, selama kamu dan calo suami cooperative saling melengkapi dokumen yang dibutuhkan, itu bisa sangat simple. Mengurus pernikahan sendiri nggak mahal kok, cek sendiri langsung ke KUA area kamu, ada biaya resmi disana, dan biasanya untuk penghulu yang menikahkan, ada biaya (nggak resmi) tersendiri. Paling lama 2 bulan bisa selesai urus surat2 pernikahan.

Siapapun yang mau datang ke negeri orang harus dengan visa lho mbak, jadi nggak bisa begitu saja otomatis bisa ikut suami setelah menikah. Untuk dapat visa tourist-pun apabila tidak diback-up dengan akte nikah, palingan hanya dikasih 3 bulan stay saja, kemudian kamu harus apply lagi ketika expired.
Multiple entry visa satu tahun biasanya hanya diberikan kepada pasangan yang menikah secara legal.

Ok.
Anonim mengatakan…
Makasih mbak eny atas jawabannya, oh ya 2 bulan waktu untuk sampai bisa menikah di KUA? kalau setelah menikah secara resmi di KUA, apa langsung mendapat visa untuk bisa ikut suami langsung ke negaranya ? atau harus tinggal di indonesia menunggu visa? karena kata calon suami dia ngak mau setelah menikah harus tinggal terpisah karena lama mengurus visa. Tolong di info ya mbak.. makasih banyak sebelumnya atas bantuan mbak eny...
may mengatakan…
Assalamualaikum, met siang mbak eny. mbak mau tanya katanya kalau mau menikah dengan wna taiwan ada wawancara di teto jakarta trus kalau tidak lulus wawancara tidak bisa menikah? benarkah itu, dimana saya bisa mencari info tentang prosedur pengurusan pernikahan dengan wna taiwan? calon suami pengennya cari agen tapi kan sayang mbak biayanya mahal kan uangnya bisa ditabung hehe. thanks
Anonim mengatakan…
pagi mbak,
mohon informasinya mbak apakah CNI juga diperlukan oleh warga negara Amerika ? atau hanya Australia ?
STM apakah dapat diperoleh di kantor polisi kecil, lantas apa yang harus disertakan dan dilaporkan oleh Kepolisian ? terima kasih atas informasinya.
Betty Syibu mengatakan…
Hi mba eny,

aku suka sekali sama blog mba ini, banyak membantu untuk pengurusan document WNA, aku mau tanya mba... sekarang suami mba kerja di Indonesia atau tidak? mudah gak sih untuk WNA cari kerja di Indonesia setelah menikah dengan WNI. kira2 mempengaruhi Salary gak? tidak sama seperti expad lainnya maksud saya.

mohon confirmasinya mba tq
Eny DArief mengatakan…
Waalaikum salam May,

Prosedur pernikahan legal antara WNI dengan WNA yang dilakukan di Indonesia syaratnya sama, salah satunya : harus ada surat keterangan dari embassy negara bersangkutan, Australian menyebutnya CNI.
Kamu bisa browse di webnya catatan sipil / KUA mengenai prosedur pernikahan tsb (saya dapat info tsb juga dari webnya KUA).

Wawancara di teto Jakarta?? saya tidak paham maksudnya, jadi tidak bisa menjawab.
Kalau maksudnya proses membuat surat keterangan dari embassy (CNI), sukses atau tidaknya mendapat surat keterangan tsb tergantung dari lengkap atau tidaknya dokumen yang dibutuhkan, dan genuine atau tidaknya dokumen yang dilampirkan. Jadi bukan berdasarkan lulus tidaknya wawancara. Australian tidak ada wawancara ketika urus CNI.

Kalau punya waktu, lebih baik urus sendiri, bisa save money banyaaaak.

Salam.
Eny DArief mengatakan…
Hai,

Seperti jawaban saya untuk May diatas, prosedur pernikahan legal antara WNI dengan WNA yang dilakukan di Indonesia, semua syaratnya mengharuskan ada Surat Keterangan dari kedutaan negara bersangkutan, Australian menyebutnya CNI. USA pasti mengeluarkan surat keterangan tersebut, coba anda cek ke USA embassy langsung.

STM harus di POLRES area KTP tuan rumah. persyaratannya lihat di tulisan saya disini : http://ilalanggrass.blogspot.com/2012/06/stm-surat-tanda-melapor.html

Ok semoga membantu.
Eny DArief mengatakan…
ya, 2 bulan cukup urus dokumen sampe waktu pernikahan.
kamu bisa apply visa touris (form 48R), sekarang atau setelah menikah. biasanya akan dikasih single entry 3 bulan. setelah itu kamu bisa apply partner visa. silahkan cek langsung di web imigrasi australia mengenai visa apa yang kamu butuhkan, sesuai dengan kondisi.

semoga membantu
Eny DArief mengatakan…
hai Betty,

Menikah dengan WNI bukan jaminan mudah cari kerja untuk WNA, selain itu ijin tinggal sponsor istri tidak bisa dipakai untuk ijin kerja, perusahaan tempat WNA bekerja harus mensponsori ijin kerjanya.
Setahu saya, secara umum salary setiap tenaga kerja baik WNI maupun expat dlihat dari jabatan dan bentuk tanggung jawab atas jabatannya tenaga kerja ybs.

Ok, semoga membantu.
Unknown mengatakan…
hi mbak eny,

saya mau tanya, saya kan mau menikah dengan orang malaysia, tp di tempat saya syaratnya harus ada surat permohonan menikah dr malaysia, apakah surat permohonan itu bisa dibuat di kantor embrassy malaysia yg ada di jakarta ?

mohon jawabannya mbak, trima kasih
Eny DArief mengatakan…
Hi Faula Yulinda,

Pernikahan antara WNI dan WNA yang dilakukan di Indonesia, syaratnya harus ada surat permohonan / surat keterangan / surat ijin dari kedubes negara bersangkutan. Australian menyebutnya Certificate of No Impediment to marriage (CNI).

Surat ijin yang kamu maksud tersebut, tentu saja bisa di apply di embassy Malaysia di Indo.

Ok, semoga membantu.
Unknown mengatakan…
pagi mba eny.
kalau wni nikah sama wna di wajibkan lapor ke polres ya?
mohon jawabannya, terimkasih :)
Anonim mengatakan…
pagi mba eny.
kalau wni nikah sama wna harus ada ijin dari polres? kalau iya bisa minta ijin sama istri atau harus dengan kedua mempelai?
Eny DArief mengatakan…
Pagi Yuliana,

KUA/Catatan sipil mensyaratkan ada surat keterangan dari POLRES untuk semua pernikahan yang dilakukan di Indonesia. Bentuk surat keterangan tersebut adalah STM (surat tanda melapor), silahkan lihat di tulisan saya disini : http://ilalanggrass.blogspot.com/2012/06/stm-surat-tanda-melapor.html

Salam.
Sari mengatakan…
Hallo Mba Eny,
Salam Kenal. Saya Sari dari Bali. Rencananya tahun depan kami akan menikah. Kami sudah saling kenal sejak 5 tahun. Calon suami saya dari Perancis, seorang Khatolik dan saya sendiri Hindu. Saya searching utk beberapa syarat administrative ada yang mensyaratkan harus ada ijin atau retu yang tertulis dari orang tua. Masalahnya hubungan kami tidak disetujui oleh keluarga, tapi kami saling mencitai. Kami rencananya menikah di Indonesia. Saya bigung sekali. Mohon dibantu apakah itu syarat mutlak haru ada agar kami bisa menikah.? atau kami bisa menikah beda agama di Indonesia.? Mohon dibantu informasinya Mba Eny. Terimakasih atas informasinya.
Salam
Eny DArief mengatakan…
Hallo Sari,

Searchingnya di situs resmi catatan sipil sist, itu yang lebih terpercaya. Makin banyak cari kemana2, makin banyak refensi yang akhirnya malah bikin bingung. Setahu saya persyaratan KUA dan Catatan sipil sama, yg saya tulis disini sumbernya dari situsnya KUA dan berdasarkan pengalaman saya sendiri.
Tidak ada menyebut persyaratan harus ada surat ijin dari ortu. Kelurahan hanya minta KTP dan KK ortu (juga KTP Anda), yang nantinya akan dibuatkan form Model N2 (surat keterangan asal usul) dan form Model N4 (surat keterangan asal usul orang tua) yang nantinya form-form ini diserahkan kepada catatan sipil, bersama form lainnya (N1).
Pernikahan yang dilakukan di Indonesia secara legal, harus satu agama.

Semoga membantu ya Sari.
Anonim mengatakan…
Assalamualaikum Mba Eny. Salam kenal, saya Verra. In sha Allah saya akan menikah dg WNA bln depan. Rencananya calon suami saya akan dtng menggunakan VOA. Yang ingin sy tanyakan, biasakah setelah melangsungkan pernikahan sy apply Vitas? Mohon bantuan infonya ya Mba. Terima kasih Mba Eny..
Eny DArief mengatakan…
Waalaikum salam wrwb.
Hallo Verra, salam kenal.

Setelah pernikahan bisa langsung apply Vitas sponsor istri.

Salam.
Anonim mengatakan…
Saya Verra, Mba.. Makasih banyak ya Mba Eny infonya :) Maaf Mba, mau nanya lagi, soalnya saya masih bingung.. Untuk pengurusan Vitas yang saya baca dari blognya Mba "pihak Imigrasi langsung mengirimkan telex persetujuan ke KJRI negara suami", kalau suami saya masih di indonesia saat itu bagaimana cara apply vitas nya ya Mba? Mohon bantuannya lagi ya Mba. Makasih Mba :)
Unknown mengatakan…
Malam mbak, apakah wajib kita melakukan perjanjian pranikah ketika akan menikahi pria asing? Apakah betul jika kita sudah menikah satu tahun, secara otomatis aset kita secara otomatis hangus karena secara otomatis kewarga negaraan indonesia kita ikut suami? mohon infonya. Terima kasih
Anonim mengatakan…
Mba enny calon suami saya dr amerika. Selain hrus melegkapi CNI dia jg hrus buat kterangan klo dia single dr negaranya. Yg kita tdk tau adlh dmn membuat surat kterangan single untuk calon suami saya di negara nya. Saya mohon informasinya trimakasih
Unknown mengatakan…
hai mb, saya lulu .. sy pny calon suami org chinese ... u/ ngrus CNI ny gmn ?
tyus styp WNA hrs mnjdi WNI lalu u/ masa tinggal di indo ny sampe berapa lama mb .. ??
tolong jawab yah ... terimakasih ..
atienmiranto mengatakan…
salam kenal Jeng Eny
Anonim mengatakan…
Mba enny saya permata dan calon suami saya dr amerika. Selain hrus melegkapi CNI dia jg hrus buat surst kterangan klo dia single dr negaranya. Yg kita tdk tau adlh dmn calon suami saya bisa membuat surat kterangan single di negara nya. Saya mohon informasinya trimakasih. Assalammualaikum.
Eny DArief mengatakan…
Hai Verra, sorry baru sempat reply.
Saya tidak tahu apabila suami masih di Indo kemana persetujuan VITAS dikirim. Mudah2an ada pembaca yg punya pengalaman serupa bisa membantu Verra. Atau Verra bisa tanyakan ke loket immigrasi di area-nya Verra, biasanya loket bagian KITAS tidak penuh, dan bisa ditanya disitu. (FYI. Loket KITAS Immi Jakarta Timur, petugasnya OK, saya seringnya tanya ke Ibu AYU, apa saja dia bisa jawab).

Sorry tidak bisa membantu banyak.
Eny DArief mengatakan…
Slmt siang Suci, sorry baru bisa reply.

Coba dilihat tulisan saya disini : http://ilalanggrass.blogspot.com/2012/06/harta-bersama-perkawinan-campuran.html

Di google juga Undang2 Pokor Agraria (UUPA pasal 21)

Semoga bisa menjawab pertanyaan Suci.
Eny DArief mengatakan…
Hai Lulu,
CNI di apply di kedubes bersangkutan.
Saya tidak tahu proses WNA jadi WNI prosesnya bagaimana, yg saya tahu proses Ijin tinggal WNA dari mulai Ijin sementara sampai dengan ijin tinggal tetap (ITAP), akan tetapi proses suami saya belum sampai ITAP.

Salam.
Eny DArief mengatakan…
Salam kenal juga Atienmiranto..
Eny DArief mengatakan…
sorry baru bisa balas blog.

Surat singe biasanya dibuat dan ditandatangani dihadapan Justice of Peace dinegara WNA bersangkutan.

Salam.
Eny DArief mengatakan…
Hai Permata sorry baru bisa balas blog.

Surat singe biasanya dibuat dan ditandatangani dihadapan Justice of Peace dinegara WNA bersangkutan.

Wassalamualaikum.
Unknown mengatakan…
Hi Mbak Eny
Calon suami saya warga negara Australia, dan sudah tinggal selama 15 tahun di Bali
Dan saya baru mengetahui bahwa selama ini dia tidak ada KITAS
pertanyaan saya adalah, apakah setelah nanti kami menikah, dia bisa memperoleh KITAS sponsor istri ?
Eny DArief mengatakan…
Hai Vonny,

Calon suaminya selama ini tinggal di Bali pakai ijin tinggal apa?
Setelah menikah bisa apply Kitas sponsor istri, tapi perlu diwaspadai ijin tinggalnya selama ini bagaimana? jangan sampai bermasalah dengan imigrasi.

Salam.
Unknown mengatakan…
Hi mbak enni...calon suami saya Dr Bangladesh.Kalo Mau membuat CNI apakah bs diwakilkan oleh kakak saya ato yg bersangkutan mbak? Dan yg dibutuhkan oleh kedutaan pada saat membuat CNI tu Apa saja ya mbak?
Eny DArief mengatakan…
Hi Farida Arief,

CNI tdk boleh diwakilkan, harus yang bersangkutan sendiri yang datang ke embassy.
Syarat2nya kurang lebih sama dengan Australian, lihat disini ya :

http://ilalanggrass.blogspot.com/2012/04/c-n-i-certificate-of-no-impediment-to.html

Semoga membantu.
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum mbak. Saya nurul dari dumai riau. Saya berencana ingin menikah dengan wn pakistan, dan menikah di indonesia. tapi sampai sekarang, calon suami saya gak bisa dapat visa indonesia mbak, dan waktu saya ke imigrasi untuk bertanya, tapi tidak mendapatkan solusi, mohon sangat bantuannya mbak :( apa yang bisa saya lakukan. kalau tidak keberatan, izinkan saya minta no hp mbak, saya mau konsultasi lebih lanjut mbak. Terimakasih mbak
Unknown mengatakan…
assalamualaikum mba eny... saya isni :) calon suami saya WN Asutralia sebelum kenal dgn saya dia pernah mengajukan prospective marriage visa 2 th yg lalu tetapi ditolak dan dia bisa mengajukan ulang setelah 5th. apakah bisa dia mendapat CNI dari kedutaan dan menikah di indonesia? takutnya saat di kedutaan dipersulit gara2 PM nya dia mba.. terima kasih sebelumnya mba.. :)
Unknown mengatakan…
assalamualaikum mba Eny, saya isni. calon suami saya WN Australia. sebelum kenal dengan saya dia pernah mengajukan prospective marriage visa dan ditolak sehingga dia harus menunggu 5th lagi untuk mengajukan ulang. pertanyaan nya apakah dia bisa mendapat CNI untuk menikah dengan saya di indonesia? karena takutnya menjadi masalah saat di kedutaan mba.. terima kasih sebelumnya.
salam :)
Anonim mengatakan…
Assalamualaikum mbak Eni..saya Ami Dari Lampung.. saya rencananya pengen menikah dengan warga Afghan .. mohon penjelasan prosedurnya.. sebab says baca Dari artikel2 mereka banyak yang gagal terimakasih sebelumnya .. wassalam..
Eny DArief mengatakan…
Waalaikumsalam wr wb Ami.

Ikuti saja prosedur dan langkah-langkah yang saya tuliskan di artikel ini. Mungkin Paskitani dan Australian berbeda dalam pengurusan CNI. Sebaiknya hubungi dulu kedutaan negara bersangkutan untuk proses aplikasi CNI tsb. Dan juga visa kunjungan calon suami diurus, sebab beberapa negara, saya dengar, sulit mengurus visa kunjungan ke Indonesia.
Di cek dan google dari berbagai sumber, pasti dapat.
Ok.
Eny DArief mengatakan…
Waalaikum salam wr wb Isni Dinarti,
Saya coba mengerti berdasarkan tulisannya Ismi. Kita pisahkan dulu ya antara Prospective Marriage Visa (PMV) dan CNI, karena ini 2 hal yang berbeda.
Setahu saya PMV (sub class 300) yang apply adalah calon pasangan yg WNI untuk menikah di Aussie dgn seorang citizen/PR Aussie. Jadi kalau 2 tahun lalu PMV ditolak, artinya yang ditolak itu adalah (mantan) calon istrinya calon kamu sekarang ini. Memang setelah PMV ditolak, aplikasi di banned sampai 5 tahun kedepan, artinya si sponsor dan applicant tidak boleh apply PMV ataupun Partner Visa lainnya sampai 5 tahun kemudian. Hal itu tidak ada hubungannya dengan CNI. karena CNI adalah permohonan izin menikah di Indonesia, selama persayaratannya lengkap tidak akan ditolak, karena dia yang masuk ke negara kita, bukan kita yg masuk ke negara dia, itu lebih mudah. Lihat artikel saya mengenai CNI disini : http://ilalanggrass.blogspot.com/2012/04/c-n-i-certificate-of-no-impediment-to.html

Semoga membantu ya., salam.
Eny DArief mengatakan…
Lihat jawaban di atas ya Isni.
Yang mungkin nanti sulit adalah, ketika kamu apply Partner visa subclass 309/100 (setelah menikah), karena suami kamu harus menunggu 5 tahun (dari penolakan sebelumnya) untuk menjadi sponsor kamu, apalagi, maaf, apabila penolakan PMV sebelumnya karena bogus information atau bogus document. Immi aussie pasti akan mencatat hal tsb.

Semoga paham ya Isni. memang agak sulit memahami immigrasi Australia, tapi selama kita mau membaca, mereka menyediakan sarananya lengkap di web mereka.
Eny DArief mengatakan…
Waalaikum salam Syahnurul Alfitri.

Saya tidak pakar dalam urusan imigrasi, saya hanya pelaku, sehubungan dengan keimigrasian suami saya. Saya hanya bisa share yang sudah saya jalankan.
Saya tidak tahu sesulit apa Pakistani mendapat visa masuk Indo? apakah sudah dicoba masuk pake visa touris saja? Mungkin agak susah kalau langsung pakai visa sosbud.

Sorry Alfitri, saya tidak bisa memberi pencerahan.

Salam.
Unknown mengatakan…
Terimakasih mbk. Iya gpp mbk. Smga Allah memberikan petnjuk. Salam utk keluarga ya mbk
Anonim mengatakan…
Assalamualaikum mbak Eny... salam kenal saya Amy... saya mau tanya ne apa saja yg harus saya siapkan untuk interview dan syarat2nya coz calon saya warga Afghan.. dari banyak sumber yg sya dapat ,susah untuk invite nya. Terima kasih wasalam..
Eny DArief mengatakan…
Waalaikumsalam wr wb. Amy..

Interview untuk apa? untuk visa kah? saya dan suami tidak di interview saat apply vitas untuk suami.
Atau untuk pembuatan CNI? untuk CNI, WNA nya harus sdh ada di Indo dulu, interview hanya sebatas ditanyakan kepada applicant mengenai document2 yang di submit.

Salam.
Anonim mengatakan…
Assww, mba salam kenal, sy janda 2 anak yg sedang menjalin hubungan dgn WNA Amerika, Masih penjajagan sih, dan dia tinggal di negaranya, mbak..kalo membaca persyaratan nikah dgn WNA yg begitu ribet menurut saya, jadi baiknya menurut mbak bagaimana ya? lebih baik nikah di Indonesia saja atau di Amerika saja ya mbak? saya muslim dan calon saya katolik yg jika tdk ada aral melintang, dia akan masuk Islam... mohon masukannya? terima kasih sebelumnya, :)
Eny DArief mengatakan…
Waalaikum salam wr wb, salam kenal juga.

Saya tidak tahu bagaimana ribetnya menikah di USA. Mungkin saya hanya bisa memberi gambaran perbandingan antara menikah di Indonesia dan menikah di Australia (karena suami saya Australian). Menikah di Indonesia lebih mudah daripada menikah di Australia, tidak perlu visa khusus untuk menikah, hanya apply CNI dari kedutaan di Indonesia. Akan tetapi apabila untuk menikah di Australia diperlukan prospective marriage visa yang masa prosesnya bisa 9 s/d 12 bulan. Nah, untuk American harus di cek dari web imigrasinya.

Sorry ya dear, saya hanya bisa memberi gambaran sesuai yang saya tau dan saya pahami.

Salam.
siang Mbak,

Saya mau menikah dengan warga negara Portugal.Apa benar kedutaan besar Portugal di Jakarta tidak bisa mengeluarkan CNI ?
Terima Kasih
Selamat Siang Mbak,
Saya mau menikah dengan orang Portugal pada bulan Maret depan, Apa benar Kedutaan Portugal yang di Jakarta sudah tidak dapat lagi mengeluarkan CNI?
Terima Kasih
Delina Ramanal mengatakan…
Assalamu'alaikum mbak eny....suami saya sudah punya ITAS. Apakah perpanjangan nanti masih diperlukan CNI? mengingat saya tidak punya copy-nya lagi. Syukron.
Anonim mengatakan…
Assalamualaikum mbak Eny,,semoga sehat selalu :)
Nama sy Rani mbak,,Akhir tahun ini Insya Allah sy akan menikah dengan seorang muslim asal Malta,,
saya cukup bingung karena dari artikel yg saya baca tidak satupun yg menjelaskan tentang dokumen apa saja yg dibutuhkan dari calon pengantin WNA asal Malta untuk menikah di Indonesia. Saya pun ragu apakah dokumen yg dibutuhkan sama dengan yg dibutuhkan WNA asal amerika,,aussie atau europe,,semoga mbak Eny bisa memberikan saya informasi lebih lanjut,,
Terima kasih..
Amy mengatakan…
Membaca tanya yang begitu panjang menikah dengan WNA, ternyata hampir semuanya stres berkaitan dengan birokrasi. Saya juga punya pertanyaan yang sama, sebetulnya lebih mudah menikah di Indonesia atau di luar. Saya pernah berhubungan dekat dengan seorang USA citizen, sudah dilamar tapi batal. Sebagai seorang blogger saya sempat survey tentang apply visa fiance atau spouse visa ke US, bila banyak membaca thread di visa journey, lebih banyak disarankan apply K-1 atau fiance visa. Ini Tulisan saya bagaimana apply fiance visa http://amiratnawatiutami.blogspot.com/2013/11/part-1-how-to-apply-k-1-fiancee-visa-of_20.html

Lalu bila dengan warga negara Inggris lain lagi. Bila apply dengan fiance visa lalu sampai UK di switch ke spouse visa. Untuk ke UK membutuhkan sertifikat IELTS pembuktian bisa berbahasa Inggris. Saya punya file dalam bentuk MS world untuk syarat apply fiance visa ke UK.

Bila apply ke Australia, pemerintah Australia sudah menyiapkan file dalam bentuk PDF yang bisa di di download, saya juga punya filenya.

Tapi terakhir ini saya berhubungan dengan seorang Algeria, dan banyak membaca forum pernikahan Algerian dengan WNI. Persyaratan beda lagi, syarat dari blog expat tentang Algeria, menggunakan visa turis, ditambah invitation letter yang disyahkan wilayah daerahnya, dan setersnya. Setelah di sana bisa mengajukan pernikahan.

Menikah dengan WNA dengan WNI, pertanyaan yang timbul, lebih mudah menikah dimana, di sana atau di sini. Saya pribadi mau mencoba keduanya. Mendaftar di KUA tapi juga mengunjungi dengan visa turis lalu menikah di Algeria. Ini hanya pertimbangan saya saja, mana yang kira-kira prosedurnya lebih cepat.

Isu membayar 500 juta bila menikah tidak benar.

Saya mendoakan agar yang jatuh cinta dan ingin menikah dengan WNA dimudahkan. Terima kasih untuk mbak Eny. Sepertinya saya ingin menulis satu artikel di blog saya sendiri bila sudah mendapatkan pengalaman dan mengatasi solusinya. Semoga bermanfaat...
pindi mengatakan…
Ka eny klo tuan rumah untuk buat STM di jakarta tapi menikahnya didaerah lain apa boleh ya?
pindi mengatakan…
Ka eny klo tua rumah untuk buat STM di Jakarta tapi menikahnya didaerah lain apa boleh ya ka?
Anonim mengatakan…
Assalamualaikum mbk Eny...
Jujur blog mbk ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai WNI yang In Sha Allah akan menikah dengan WNA dari Algeria tahun 2014 ini. alhamdulillah saya sudah membaca hampir semua postingan dari mbak tentang Pernikahan campur..dan ini sangat membantu sekali bagi saya pribadi. walau sempat sedikit takut untuk mengurus dokumen-dokumen, takut apakah akan lancar dan ribetnya seperti apa nantinya. tapi saya tetap berkeyakinan jika di mulai dengan Niat yang baik dan Ikhlas In Sha Allah, Allah akan memberikan jalan kemudahan.
disini saya ingin bertanya ke pada mbk Eny.
1. apakah setelah semua documen dari calon Suami saya yang asli di terjemahkan dan tersumpah
apakah setelah di fotocopy harus di legalisirkan ke Embassy Algeria yang ada di Indonesia??
2. Dokumen apa saja yang harus saya bawa ke Embassy Algeria selaku pendamping calin suami untuk
CNI, di atas Mbak Eny mencantumkan membawa KTP, Passport dan Surat Single..waktu mbk
mendampingi calon suami selain documen itu documen apalagi yang mbak bawa.
terimaksih Mbk Eny sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamualaikum. wr.wb
Anonim mengatakan…
Assalamualaikum mbk Eny...Saya Putri
Jujur blog mbk ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai WNI yang In Sha Allah akan menikah dengan WNA dari Algeria tahun 2014 ini. alhamdulillah saya sudah membaca hampir semua postingan dari mbak tentang Pernikahan campur..dan ini sangat membantu sekali bagi saya pribadi. walau sempat sedikit takut untuk mengurus dokumen-dokumen, takut apakah akan lancar dan ribetnya seperti apa nantinya. tapi saya tetap berkeyakinan jika di mulai dengan Niat yang baik dan Ikhlas In Sha Allah, Allah akan memberikan jalan kemudahan.
disini saya ingin bertanya ke pada mbk Eny.
1. apakah setelah semua documen dari calon Suami saya yang asli di terjemahkan dan tersumpah
apakah setelah di fotocopy harus di legalisirkan ke Embassy Algeria yang ada di Indonesia??
2. Dokumen apa saja yang harus saya bawa ke Embassy Algeria selaku pendamping calin suami untuk
CNI, di atas Mbak Eny mencantumkan membawa KTP, Passport dan Surat Single..waktu mbk
mendampingi calon suami selain documen itu documen apalagi yang mbak bawa.
terimaksih Mbk Eny sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamualaikum. wr.wb
Unknown mengatakan…
Hallo mbak Enny, salam kenal saya tyas di malang
saya baca tentang preenupotion, disini mbak enny tidak melakukan, lalu apakah ada kesulitan dalam pembelian aset misalnya tanah atau kendaraan di Indonesia..?
apakah harus dengan pinjam nama atau bagaimana..? mohon pencerahannya
terima kasih banyak
Anonim mengatakan…
Dear mbak Enny, saya Tyas dari Malang
mohon maaf, saya bertanya disini mbak Enny tidak melakukan pre enuption, lalu apakah menemui kesulitan dalam pembelian/penjualan aset di Indonesia misalnya tanah/mobil. lalu apakah pembeliannya menggunakan cara pinjam nama atau bagaimana..? mohon pencerahannya
terima kasih banyak
Lili mengatakan…
Asslkm,,,, mbak,,,,, terimakasih informasi anda sangat membantu saya yang akan menikah dngn WNA bangladesh,,, klo mengurus CNI harus di urus di Negara WNA ,,,,, apa tidak boleh di urus di negara lain karna calon suami saya bekerja di singapore,,,, terimakasihmbak,,,,,,
Anonim mengatakan…
Hallo Mba, salam kenal, saya berencana mau menikah tahun ini dengan warga Negara Australia. Calon suami saya sebelumnya warga Negara Somalia, Dia kesulitan cari akte kelahirannya. apakah bisa kita pergi kekedutaan tanpa melengkapi syarat-syarat pernikahan campuran, saya tunggu jawabannya ya mba, terimakasih.
Laila Kurniawaty P mengatakan…
Assalamu alaykum, Mbak Eny, Saya Laila yang pernah bertanya tentang pernikahan campur dengan warga negara Inggris yang tinggal di Spanyol. Alhamdulillah semuanya sudah berjalan lancar. Makasih atas informasi dari Mbak. Salam sukses selalu. Laila
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum wr wb...
Hii.. Mba Eny apa kabar ? Saya Ani yang dulu bertanya soal menikah dengan WNA Australia, dan Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, dan ga seribet yang saya kira, semua berkat bantuan Mba yang sangat membantu, sekarang saya lagi proses visa pasangan, tinggal nunggu hasilnya, do'akan ya Mba ! Dan untuk Mba saya do'akan semoga Allah membalas semua kebaikan Mba.. Amin, Sekali lagi " 1000 Thanks" Mba Eny
Eny DArief mengatakan…
Aamiin.
semoga spouse visa-nya sukses ya Ani.

salam.
Eny DArief mengatakan…
waalaikum salam Laila.
Salam sukses juga buat Laila dan suami.
Eny DArief mengatakan…
waalaikum salam Lili.
CNI tidak diurus di negara WNA, tapi di urus di Indonesia.
Eny DArief mengatakan…
Hallo Tyas,

Saya tidak ada kesulitan beli property maupun mobil di Indonesia, baik cash atau KPR, pakai nama saya, tidak perlu pinjam nama. Kepemilikan dan konsekwensinya sdh tercantum dalam pasal 21 Undang-undang Pokok Agraria (UUPA).

Salam.
Eny DArief mengatakan…
Waalaikum salam Rani,

Dokumen yg dibutuhkan dari WNA negara mana saja sama. Karena itu persyaratan yg disebutkan KUA tanpa melihat dari mana negara asal WNA tsb.

Salam.
Unknown mengatakan…
Hallo mba Eny salam kenal
Asslamualaikum,,,saya Reela dan saya sudah bertunangan dengan wn ausie pada september 2013
Rencananya kami akan mengajukan fiance visa tapi setelah bertanya ke beberapa teman yang membuat kami bertambah bingung sbb
1)katanya saya tidak bisa ajukan touris visa dengan disponsori tunangan saya lagi karena pada tahun 2011 saya ajukan tourist visa tunangan saya dan kakak ipar saya sbg sponsor ditolak karena kami menggunakan agent pada waktu itu dan visa saya di tolak kata mereka dokumen kami kurang dan aku harus ajukan turis visa sendiri tanpa harus menggunakan sponsor,menurut aku ini sulit
2)Katanya juga mba...aku selama ini kan belum pernah ke ausie jadi imposible untuk aplly fiance visa
3)Apa bisa mba kita ajukan visa tuirs terus nikah di ausie?
Mba Eny ,,aku sangat berharap semoga Alloh memberi dan memudahkan rencana kami lewat mba Eny
September tahun ini rencana tunangan saya mau ke indo apakah kami punya cukup waktu untuk mengurus pernikahan kami di Indo karena tunangan saya tinggal di Indo cuma bisa 2 minggu saja dikarenakan pekerjaan
Terus mba dokument apa saja yang dibutuhkan tunangan saya yang di buat di Ausie?
Bagaimana cara mendapatkan sertifikat untuk tunangan saya yang akan masuk islam dan menikah di indonesia di KUA?
terimakasih sebelumnya mba...saya sangat mengharapkan jawaban dari mba Eny...sallam
Unknown mengatakan…
Hallo mba Eny salam kenal
Asslamualaikum,,,saya Reela dan saya sudah bertunangan dengan wn ausie pada september 2013
Rencananya kami akan mengajukan fiance visa tapi setelah bertanya ke beberapa teman yang membuat kami bertambah bingung sbb
1)katanya saya tidak bisa ajukan touris visa dengan disponsori tunangan saya lagi karena pada tahun 2011 saya ajukan tourist visa tunangan saya dan kakak ipar saya sbg sponsor ditolak karena kami menggunakan agent pada waktu itu dan visa saya di tolak kata mereka dokumen kami kurang dan aku harus ajukan turis visa sendiri tanpa harus menggunakan sponsor,menurut aku ini sulit
2)Katanya juga mba...aku selama ini kan belum pernah ke ausie jadi imposible untuk aplly fiance visa
3)Apa bisa mba kita ajukan visa tuirs terus nikah di ausie?
Mba Eny ,,aku sangat berharap semoga Alloh memberi dan memudahkan rencana kami lewat mba Eny
September tahun ini rencana tunangan saya mau ke indo apakah kami punya cukup waktu untuk mengurus pernikahan kami di Indo karena tunangan saya tinggal di Indo cuma bisa 2 minggu saja dikarenakan pekerjaan
Terus mba dokument apa saja yang dibutuhkan tunangan saya yang di buat di Ausie?
Bagaimana cara mendapatkan sertifikat untuk tunangan saya yang akan masuk islam dan menikah di indonesia di KUA?
terimakasih sebelumnya mba...saya sangat mengharapkan jawaban dari mba Eny...sallam
Unknown mengatakan…
Hallo mba Eny salam kenal
Asslamualaikum,,,saya Reela dan saya sudah bertunangan dengan wn ausie pada september 2013
Rencananya kami akan mengajukan fiance visa tapi setelah bertanya ke beberapa teman yang membuat kami bertambah bingung sbb
1)katanya saya tidak bisa ajukan touris visa dengan disponsori tunangan saya lagi karena pada tahun 2011 saya ajukan tourist visa tunangan saya dan kakak ipar saya sbg sponsor ditolak karena kami menggunakan agent pada waktu itu dan visa saya di tolak kata mereka dokumen kami kurang dan aku harus ajukan turis visa sendiri tanpa harus menggunakan sponsor,menurut aku ini sulit
2)Katanya juga mba...aku selama ini kan belum pernah ke ausie jadi imposible untuk aplly fiance visa
3)Apa bisa mba kita ajukan visa tuirs terus nikah di ausie?
Mba Eny ,,aku sangat berharap semoga Alloh memberi dan memudahkan rencana kami lewat mba Eny
September tahun ini rencana tunangan saya mau ke indo apakah kami punya cukup waktu untuk mengurus pernikahan kami di Indo karena tunangan saya tinggal di Indo cuma bisa 2 minggu saja dikarenakan pekerjaan
Terus mba dokument apa saja yang dibutuhkan tunangan saya yang di buat di Ausie?
Bagaimana cara mendapatkan sertifikat untuk tunangan saya yang akan masuk islam dan menikah di indonesia di KUA?
terimakasih sebelumnya mba...saya sangat mengharapkan jawaban dari mba Eny...sallam
Anonim mengatakan…
Hi mba Eny,,,calon suami saya wna ausie dan masih singgle apakah perlu membuat certificate disolution of marriege

salam kenal
Anonim mengatakan…
Bu Eny.. sy mau tanya sedikit. Kondisinya WNI pria akan menikah dengan WNA, sebagai isteri kedua.

Persyaratan no 3. Surat pernyataan belum pernah menikah diatas materai Rp 6000,- diketahui oleh RT, RW dan Lurah setempat, atau Surat cerai (apabila sudah pernah menikah dan cerai).
jadi tidak dipenuhi, bagaimana solusinya?

terima kasih.
Eny DArief mengatakan…
Wa’alaikum salam.
Reela salam kenal juga. Maaf baru bisa menjawab.
1. Turis visa harusnya lebih mudah daripada fiancé visa. Turis visa memang agak sulit kalau tidak ada surat sponsor/surat jaminan dari Indonesia yang menyatakan bahwa applicant hanya turis saja dan akan kembali sesuai waktunya. Surat jaminan itu bisa didapat dari tempat kita bekerja atau dari tour and travel yg menyelenggarakan perjalanan.
2. Ada bookletnya mengenai Fiance visa. Cek di web embassy
3. Saya tidak tahu mengenai pertanyaan no.3. baiknya cek di booklet yg saya maksud pd jawaban no.2

Certificate masuk islam biasanya didapat di mesjid tempat mualaf masuk islam, coba cek Mesjid Sunda kelapa (Jakarta).

Semoga membantu.
Anonim mengatakan…
hi mbak eny.......

sya zora dan sy bru sj menikah dgn suami sy(USA) thn lalu dan di sah kan oleh kantor agama(KUA). yg jd pertanyaan sy,apakah pernikahan kami tercantum atau diketahui oleh pemerintahan negara suami sy(USA) di sana?

terima kasih
Unknown mengatakan…
assalamu alaikum mba eny & mba ani....

mau tanya, lebih mudah mana urus visa tunagnan atau visa istri n lebih cepat mana di approvenya?kebetulan ada temen calon suami saya menikah diindonesia n ngurus visa istri dan diapprovenya sangat lama, dan pengacara calon suami saya juga menganjurkan visa tunangan saja, kata dia sih lebih cpt diapprove dr visa istri, tp pengen dengar pengalaman dari temen2 yg pernah mengalami langsung.Siapa tau ada masukan

Mba aninya menikah diindonesia atau australia?

terima kasih sebelumnya, mohon bantuan temen2 yg lain juga yg tau yah
Rose mengatakan…
Hi Mba Eny,

Salam kenal mba, saya rose kebetulan bulan desember ini saya mau nikah dengan orang ause dan semua dok sudah beres hanya tinggal surat numpang nikah di jakarta dari kedutaan ausenya.

Yang saya ingin tanyakan sbb:
1. Apakah masih perlu surat lapor diri di kantor polisi di jakarta?
2. Selain surat tersebut apakah masih ada dokumen2 lain yg harus diurus?
3. Apakah selesai sebelum hari H nya? karena calon saya baru akan dtg ke indo bulan november ini.

Kebetulan saya nasrani, apakah ada dokumen2 yg harus saya siapkan lagi tidak selain yang mba infokan, please bgt mba aku butuh jawaban karena waktu sudah dekat.

Thanks for information
Eny DArief mengatakan…
Hi Rose, salam kenal juga ya.

1. Surat lapor perlu, namanya STM (surat tanda melapor), minta dari POLRES area tempat tinggal istri.
2. Harusnya tidak ada dokumen lain, selain yg disebutkan dalam artikel ini. (coba Rose cek ke webnya Catatan sipil, mengingat sy menikah KUA, dikuatirkan beda).
3. Semua bisa selesai sebelum hari H, asalkan dikerjakan dari sekarang :
Siapkan semua urusan dokumen suami, translate dari sekarang
Siapkan dokumen kelurahan dari sekarang
November suami datang hanya tinggal urus CNI dan urus STM, ga sampe sehari selesai.

SUkses ya.
Anonim mengatakan…
Salam mbak Eny
Saya Tania
Pengen Tanya ttg prosedure menikah dgn warga negara inggris. Coz saya berencana melangsungkan pernikahan di Indonesia. Mohon bantuannya mbak cara pengurusan dokumen. Saga berdomisili di Medan. Apakah saya harus dtg ke UK embassy di Jakarta.
Wasaalam mbak.
Eny DArief mengatakan…
Salam kembali Tania, pernikahan dengan WNA di KUA / Catatan sipil persyaratan dokumennya kurang lebih sama. Dokumen lokalnya urus di kelurahan. ijin dari embassy datang langsung ke embassy negara bersangkutan. Tania bisa cek by phone sebelumnya ke embassy.

Semoga membantu.
Anonim mengatakan…
Mbak Eny...
Untuk pembuatan CNI apakah calon suami saya harus membawa beberapa dokumen dr Inggris untuk melengkapi pengurusan CNI di UK embassy di jkrta.
Mbak saya mau tanya apakah CNI itu sama dgn dokumen single status certificate.

Makasih mbak
Eny DArief mengatakan…
Hai Tania,

Untuk bikin CNI calon suami harus bawa semua dokumen asli yang diperlukan (lihat di postingan saya mengenai CNI di blog ini).
CNI bukan surat single, tapi semacam surat ijin menikah dari embassy.

Unknown mengatakan…
hi mbk eny .slm knl .
saya mau nikah sm WNA .
sblom menikah clon suami sya mau bikin prenuptial agreement. .apkah bs bikin di banyuwangi .dan gmn caranya
Eny DArief mengatakan…
Hai Wina. salam kenal kembali.
Preneptual agreement bisa dibikin dimana saja, biasanya di area tinggal yang bersangkutan.
Hubungi notaris.

Salam.
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum
Mbak. .. bgm persyaratan WNA Afghanistan utk datang ke indonesia??
Kedengarannya simple tp saya bingung :-)
Trus kl mau menikah dgn dia bgm persyaratannya??
Terima kasih atas bantuannya
Wassalam. .
Eny DArief mengatakan…
Waalaikumsalam wr wb.
Yulia, persyaratan WNI menikah dengan WNA negara manapun sama, cek tulisan diatas.
Mengenai visa masuk Indonesia untuk wn Afganistan, coba cek/google di web imigrasi, karena sy tidak tahu apakah Afganistan bisa pake visa on arrival atau tidak. Kalau bisa pake VOA tentu gampang sekali, tapi apabila tdk bisa VOA, maka spt persyaratan biasa harus apply visa di embassy Indonesia di negara asal WNA.

Semoga membantu.
Anonim mengatakan…
Halo Tania,
CNI UK bisa juga dibuat di home country, hanya tinggal suruh si calon suami ke registry office deket rumahnya dia dan mereka buatin deh kira-kira 1 minggu jadi . Tapi coba tolong konfirmasi di catatan sipil di tempat kamu kalau mereka menerima, harusnya sih sama saja, karena sama2 pemerintah UK yang mengeluarkan.
Good luck
Unknown mengatakan…
Maaf mau menambahkan CNI uk yg dibuat di register office di uk harus di convert ke CNI versi indo di British embassy yg di indo...CNI uk yg dibuat di uk itu seperti NOM (notification of marriage) yg harus di lapor kan ke embassy untuk dapat CNI versi indo dari British embassy
Anonim mengatakan…
Assalamu'alikum,

Mbak Eny, calon istri saya dalah warga negara china, bisa share informasi untuk case yang serupa?
Rencananya kita akan menikah di Indonesia, terima kasih sebelumnya.
Eny DArief mengatakan…
Waalaikum salam wr wb.
Mudah2an ada pembaca yang punya case serupa, bisa share disini.
Semoga pernikahannya nanti lancar ya.
Anonim mengatakan…
Assalamu'alaikum,

Mba Eny, saya (Indonesia) berencana untuk menikah tahun ini dengan pasangan saya (Australia). Saya dan pasangan berstatus janda dan duda. Pasangan saya dulu menikah di India dan masih bersatus warga negara India (pada saat itu). Sekarang pasangan saya sudah menjadi warga negara Australia.

Apa saja yang harus disiapkan dari kedua belah pihak ? dan apakah pasangan tetap harus melampirkan surat cerainya (yang dikeluarkan di India) ?


Terima kasih sebelumnya Mba.
Yuli
Unknown mengatakan…
Assalammualaikum

Salam kenal mbak..
Saya mohon bantuan nya mbak.
Insha Allah saya akan menikah pada bulan maret. Calon suami saya wna inggris dan tinggal d London.Dia sdh memberikan documents nya seperti passport, divorced paper, certificate of faith kalau dia islam, surat yang menyatakan bahwa dia benar2 wna british. Semua document di atas sdh saya translate ke bhs Indonesia oleh sworn translator.
Certificate of no impediment(CNI) baru jadi pd bln February dan akan di kirimkan ke saya.
Tentang akte lahir nya yg tdk ada krn hilang, kepala KUA nya bilang tdk apa2 meski tdk memakai akte lahir.
Yang mau saya tanyakan, apakah documents yg saya sebutkan apakah msh ada yg kurang utk menikah di indonesia? Apakah calon suami saya harus menyertakan copy dari tabungan dia yg menunjukan bahwa dia mampu utk menikah dan dtng ke Indonesia,? Dan saya jg di haruskan utk membuat surat undangan buat dia dtng ke Indonesia, tapi saya bingung dgn kata2 x.. bentuk nya spt apa mbak?
Dan yg terakhir, saya dan calon suami berencana utk tinggal di London stlah menikah krn dia bekerja di sana, documents apa saja yg hrs saya persiapkan utk bisa tinggal di London dgn suami.
Terima kasih mbak..

Jazaak Allah

Unknown mengatakan…
Assalammualaikum

Salam kenal mbak. Insha Allah saya mau menikah bln maret ini dgn wna british. Calon saya sdh mengirimkan documents nya spt passport, divorced paper,certificate of faith bhwa dia islam, surat keterangan bhwa dia warga negara british. Documents tsb sdh saya translate ke bhs Indonesia oleh sworn translator.
CNI nya baru jadi bln February dan akan di kirimkan ke saya.
Akte lahir nya hilang dan kata kepala KUA tdk apa2 meski akte lahir nya tdk ada.
Yang ingin saya tnyakan:
1. Apakah documents tsb sdh bisa atau msh ada yg kurang utk menikah dgn saya di indonesia?
2. Apakah calon saya hrs menyertakan bukti di rekening bhwa calon saya mempunyai tabungan utk bisa datang ke Indonesia and menikah dgn saya?
3. Saya jg di suruh utk buat surat undangan ke calon saya utk dtng ke Indonesia, tapi saya bingung mau buat spt apa bentuk dan kata2 nya.
4. Document apa saja yg diperlukan utk saya tinggal di London stlah menikah nanti mbak?
Terima kasih mbak atas bantuan nya..
Jazaak Allah
Wassalam
Eny DArief mengatakan…
Waalaikum salam wr wb.
Hallo Yuli, syarat yang harus dipersiapkan keduabelah pihak tersebut dalam artikel ini. Surat cerai suami selain dibutuhkan untuk KUA, juga dibutuhkan untuk pembuatan CNI di embassy, itu wajib.

salam.
Eny DArief mengatakan…
Waalaikum salam wr wb. Endah Anika.
Pernikahan dengan WNA manapun pesryaratannya sama, seprti yg saya sebutkan dalam artikel ini. Apabila KUA tidak mempermasalahkan akte lahir yg hilang, justru bagus.
Tidak perlu bukti buku tabungan, syarat tersebut sudah cukup.
Australian tidak perlu visa khusus untuk menikah di INdonesia, cukup visa on arrival yg dapat diperpanjang 2 kali, jadi tidak perlu buat undangan. Harusnya British juga sama karena bisa pake VOA juga.

Untuk visa tinggal di London, sebaiknya cek di web imigrasi British.

Semoga bisa membantu.

Salam
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum

Saya lihat sebenarnya pertanyaan saya sudah ditanya oleh beberapa teman2 diatas, tapi saya mau make sure aja.

Insha Allah saya rencana nikah dengan warga negara USA pada bulan agustus ini, sekarang saya lagi coba cicil2 urus dokumennya.
Untuk pembuatan CNI memang harus yang bersangkutan yang hadir ke embassy, tapi untuk urus ke KUA maka KUA akan tanya soal CNI ini, apakah bisa untuk dokumen CNI ini di susulkan setelah calon suami saya tiba di indonesia?
minggu lalu calon suami saya datang ke indonesia namun sibuk urus ini itu, dan saat ke embassy, embassy lagi tutup untuk urusan dokumen, sehingga nggak ada kesempatan lagi.
sedangkan calon suami akan tiba hanya 2 hari sebelum hari H.
Mohon pencerahannya.

Oh iya untuk certificate of faith apa di butuhkan?
calon saya muslim tapi memang namanya bukan nama muslim.
dan untuk dokumen2 calon suami yang mau di translate, apa harus dalam bentuk asli atau boleh bentuk copy/scan?
kalo boleh tanya juga biaya translate kita2 berapa ya? :D

thanks
Eny DArief mengatakan…
waalaikum salam wr wb.
Hi Yuliana, dokumen bisa diserahakn bertahap ke KUA, biasanya yang paling belakangan memang CNI dan Surat kepolisian (STM).
Certificate of faith kayaknya ga terlalu ditanyakan dan tergantung bagaimana penghulunya, bila penghulunya yakin akan keislaman si WNA, dia ga minta lagi itu sertiikat.
Translate ada yang Rp150.000 per lembar, tidak perlu sowrn translator.
Ke translator kasih copynya aja. Jasa translator yang biasa saya pake, hanya perlu scan dan email saja, nanti hasilnya diantar ke alamat kita sekalian bayar.
Anonim mengatakan…
mb. .calon saya masih di America dan kita planning nikah th ini, yg saya pengen tahu, kl sambil menunggu persyaratan dia no 1 sp 3 datang saya bisa ajukan ke rt rw kelurahan tanpa tgu surat 2 dari dia, at sy harus menunggu surat itu dulu bru mengajukan? trs ap saja yg harus sya bwa ke kedutaan America buat urus CNI ?
trimskasih
Anonim mengatakan…
mb. .sy rencana mau nikah tahun ini, sedang calon saya masih di America, sy suruh dia kirim persyaratan no 1 sd 4, sementara sya tgu surat 2 trsbut, bolehkah sy urus surat lokal, ke rt, rw, kel, KUA/catatan sipil tnpa surat 2 trsbut ? terus stelah dia datang baru ke polres buat lapor. terimakasih
Eny DArief mengatakan…
Moerni,

Step-nya, sambil tunggu dokumen dari calon suami, kamu urus dokumen di kelurahan dulu untuk mendapatkan surat model N1, N2 dan N4 dari kelurahan. Syaratnya seperti pada umumnya urus documen di kelurahan, yaitu ada KK, KTP, surat pengantar RT RW, dan photo copy KTP kedua orangtua kamu.

Setelah mendapatkan surat model N1, N2 dan N4 dari kelurahan, maka step berikutnya datang ke KUA/ Catatan sipil (bila non muslim) dengan membawa dokumen dari kelurahan tersebut, serta dokumen2 WNA (yg sudah ada) dan dokumen2 WNI, untuk didaftarkan pernikahan.

CNI dan STM bisa nyusul setelah calon suami datang.

Syarat pembuatan CNI untuk Australian ada di posting saya sebelumnya (klik di Label CNI). Mungkin untuk American kurang lebih sama.

Good luck ya Moerni.
Anonim mengatakan…
mbak eny saya sudah menikah di Indonesia dengan warga Australia,sekarang saya di Australia masih dengan visa turis,kalau kami ingin menikah lagi di Australia apa harus apply partner visa 309/100 atau apply visa untuk menikah,

thx .welly
Anonim mengatakan…
Dear Mbak Enny,

Mbak, bulan Juni tahun lalu saya menikah dengan suami, WNA Australia di Queensland, tapi saya belum sempat mencatatatkan pernikahan saya sampai sekarang di KBRI Australia. Sekarang, saya hendak mengganti status di KTP dari 'belum menikah' menjadi 'menikah. Salah satu persyaratan yang diminta adalah laporan pencatatan di KBRI Australia. Tetapi, untuk saat ini, belum memungkinkan bagi saya untuk kembali ke Australia, jadi saya bermaksud mengurus dari Indonesia saja.

Apakah Mbak Eny pernah mengetahui kasus serupa? Apakah yang sebaiknya saya lakukan? MOhon informasinya, terima kasih banyak mbak...
Unknown mengatakan…
Assalamualaaikum mbk Eny, mbk untuk pengajuan CNI apa bisa di kantor perwakilan Australia yg ada di Surabaya (konjen ) karena domisili saya di Jombang Jawa Timur ... Mature nuwun sanget mbk
Anonim mengatakan…
Assallamualaikum mbak eny
Calon suami saya orang malaysia kerja di singapura
untuk syarat mengurus cni apakah calon suami harus pulang kemalaysia ke dubes
untuk meminta statement of merital status
mohon jawabnya ya mbk trims
wassallamualaikum
Eny DArief mengatakan…
waalaikum salam wr wb.

harusnya bisa mbak, tapi sebaiknya telpon dulu ke konjen surabaya.

salam,
Eny DArief mengatakan…
Waalaikum salam wr wb.
Biasanya CNI dibuat di kedubes negara diimana kita akan menikah.
Tapi untuk Malaysian saya kurang jelas mbak. Baiknya tanyakan langsung ke perwakilan setempat.

salam,
Anonim mengatakan…
Hallo mbk eny salam knl Dr saya
Anonim mengatakan…
Hallo mbk eny trimaksih untuk informasinya sangat membantu
Anonim mengatakan…
Hallo mbk eny Informasi nya sngt mnbantu
Anonim mengatakan…
Hallo mbk eny
Unknown mengatakan…
Mbk saya mau Menikah dengan orang Taiwan, kira" berapa lama mengurus surat waktu Di Jakarta nanti? Dan apa saja yang harus di Siap kan, terima kasih, atas jwb nya
Anonim mengatakan…
Hallo mbk eng,salam kenal.satu bulan lalu saya menikah dengan wna australia di kua bali.saya domisili banyuwangi.lalu apa yang harus saya lakukan setelah menikah?
MIMI mengatakan…
Hallo mba eny,tahun lalu saya menikah di singapore dengan warga negara singapura.sebelumnya kita ada buat perjanjian harta terpisah.akan tetapi,ketika ingin mendaftarkan pernikahan saya,dinas kependudukan menolak untuk mencatat prenub tersebut.menurut mba,apa prenubnya berlaku?
trimakasih mba sebelumnya



Anonim mengatakan…
selamat malam mbak eny, kalu bikin surat pernyataan belum pernah menikah nya dimana ya? di ketik sendiri atau sama dengan NA di kelurahan?
terima kasih
Widati mengatakan…
Halloo.. mba enny apakah blog nya masih aktif.

Mba aku mau bertanya, gimana klo kita ingin menikah dengan WNA yg masih berstatus menikah..
Apakah ada syarat tambahan, mohon penjelasannya..
Eny DArief mengatakan…
Hallo, masih aktif kok.

Saya tidak tahu selain Australian, karena kalau Autralian untuk mendapatkan CNI (surat keterangan tidak ada halangan untuk menikah) harus ada keterangan single atau surat cerai (bila pernah menikah) dan CNI itu diperlukan sebagai syarat KUA/Catatan sipil untuk menikah di Indonesia dengan WNA.
Coba cek ke kedutaan negara bersangkutan, apakah bisa mendapatkan CNI tanpa melampirkan keterangan surat cerai/single,atau ada syarat tambahan lain apabila dokumen dimaksud tidak ada. Kalau bisa maka tidak ada halangan untuk bisa menikah di Indonesia melalui KUA / Catatan sipil.

Mungkin pembaca lain bisa bantu.
Eny DArief mengatakan…
diketik sendiri(sorry jawabnya kelamaan).
Anonim mengatakan…
kak eny ikutan nimprung yeah nama saya anisah bertempat tinggal di negara uni arab emirates dan saya janda dari wna juga nah sekarang ada american yang ber minat menikahi saya pertanyaan saya apakah saya bisa melangsungkan pernikahan di negara tempat tinggal saya berada saat ini dan apa prosedurenya terimakah banyak barokallahu fi umrik
Eny DArief mengatakan…
Silahkan mbak Anisah, maaf saya tidak tau persyaratan menikah diluar Indonesia, barangkali ada pembaca yang bisa bantu mbak Anisah.
yukasagara mengatakan…
selamat sore...

saya mau tanya, saya rencana menikah dengan wna jerman di indonesia... apakah bisa tunangan saya menikah disini dengan visa on arrival? karena hany akan stay di indonesia 2 minggu saja... apakah harus apply visa khusus menikah jika calon saya mau ke indonesia untuk menikah dengan saya?

terimakasih. mohon informasi :)
Eny DArief mengatakan…
Selamat pagi.

Bisa. KUA/Catatan sipil tidak mensyaratkan visa tertentu untuk keperluan menikah, yang penting dokumen yang diperlukan untuk menikah lengkap.
1 – 200 dari 207 Lebih baru Terbaru