Cara Mengajukan Visa Korea Selatan


Mengajukan Visa kunjungan ke suatu negara, terutama bila sudah tahu semua persyaratan yang dibutuhkan, saya lebih suka datang sendiri ke embassy daripada pakai perantara.
Pertimbangan saya karena lebih simple dan cepat, dibanding berkomunikasi pakai perantara, yang tentunya akan makan waktu lebih lama. Contohnya, misal kekurangan salah satu dokumen, berapa waktu yang diperlukan untuk perantara menyampaikan ke saya?, kemudian berapa lama waktu perantara untuk mengambil dokumen kekurangannya? Lama ah... ga suka nunggu-nunggu 'gitu.
Jadi sebaiknya siapkan dokumen lengkap, baru kemudian jalan sendiri.
Namun begitu sebagian besar negara, misal Australia, sudah menggunakan AVAC (Australia Visa Application Centre) untuk semua jenis visa Australia, sebagai pengganti datang langsung ke embassy.

Saya berkesempatan aply visa Korea Selatan untuk anak saya yang mendapat bea siswa belajar di Dankook University-Korea Selatan, selama 2 semester (satu tahun).
Sejak Letter of Acceptance dari University tujuan kami terima, yang pertama terpikir adalah VISA.
Cussss langsung ke web-nya Kedutaan Besar Republik Korea.

Persyaratan dokumen :
  1. Paspor asli dan fotokopi paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  2. Formulir aplikasi visa
  3. Satu lembar foto ukuran 3,5cm x 4,5cm (untuk ditempel di form aplikasi Visa)
  4. Ijazah terakhir (asli dan copy) / Akte lahir
  5. Bukti keuangan (dapat dipilih salah satu): Surat Referensi Bank terbaru atas nama pribadi atau orang tua dengan saldo minimum USD 20.000
  6. Kartu Keluarga (asli dan copy)
  7. Surat Pemberitahuan Tahunan wajib pajak (SPT) tahun terakhir
  8. Certificate of Health (TB) dari rumah sakit yang ditunjuk, asli dan copy. (Ini tidak diperlukan, bila hanya kunjungan turis tidak lebih dari 91 hari)
  9. Certificate of Admission, yaitu surat keterangan telah diterima dan terdaftar di Universitas Korea yang dituju.  (Ini tentunya tidak diperlukan untuk aplikasi Visa Turis)
  10. Surat dari home university yang menyatakan bahwa applicant adalah mahasiswa dari Universitas tersebut dan akan mengikuti student exchange ke University yang dituju (Ini juga tentunya tidak diperlukan untuk aplikasi Visa Turis) .

 Persyaratan nomor 8 sampai dengan 10 hanya diperlukan khusus untuk aplikasi Visa Pelajar D-2.
Untuk Visa turis cukup pesyaratan nomor 1 sampai dengan 7.

Certificate of Health (TB)
Berlaku mulai 2 Maret 2016 bagi yang akan tinggal di Korea selama lebih dari 91 Hari diwajibkan untuk melampirkan Certificate of Health (TB) dari Rumah Sakit yang telah ditentukan oleh Kedutaan Besar Republik Korea.
Ada beberapa rumah sakit yang ditunjuk untuk melakukan tes tersebut.

Referensi bank
Meskipun pada web disebutkan "Penerima beasiswa dari Pemerintah Korea, Perusahaan Korea maupun Pemerintah Indonesia yang biaya hidup dan biaya sekolahnya ditanggung tidak perlu melampirkan bukti keuangan"  namun begitu, Referensi Bank ini wajib disertakan, saya konfirmasi by phone ke embassy sebelum apply, meskipun tidak harus ber-saldo USD 20.000
Karena masih student, boleh pakai referensi bank tabungannya orangtua (ibu atau ayah)

Kartu Keluarga
Ini juga tidak disebutkan di web sebagai persyaratan. Namun begitu karena kaitannya dengan Referensi Bank tersebut atas nama orangtua, maka perlu disertakan Kartu Keluarga.
Untuk Visa turis pun diminta Kartu Keluarga.

Surat Pemberitahuan Tahunan wajib pajak (SPT)
Ini juga tidak disebutkan pada persayaratan Visa Pelajar D2, tapi saya siapkan juga karena menurut beberapa agen, menyebutkan bahwa SPT ini diminta sebagai persyaratan.

Surat dari Home University
Ini juga tidak disebutkan, tapi ternyata WAJIB. Bahkan saya sampe balik lagi pulang mendaki gunung lewati lembah untuk pulang lagi kerumah, ambil dokumen dimaksud demi mengejar waktu sebelum jam 11:30 WIB (penerimaan visa dari jam 09:00 -- 11:30 WIB).

Tepat waktu, jam 11:29 sampai lagi ke PINTU embassy, satu menit lagi ditutup, Lariii menuju satpam, tepat tinggal tersisa 1 nomor antrian lagi, itu untuk kita. Belakang kita tutup, lanjut besok.

Alhamdulillahh... ga perlu bolak balik dua hari.
Dokumen lengkap, aplikasi diterima, diminta tunggu 4 hari kerja untuk balik lagi ambil hasil.
Cara cek hasil apikasi visa disini https://www.visa.go.kr/openPage.do?MENU_ID=10301
Ternyata visa approved dalam waktu 3 hari kerja saja.
Alhamdulillahh...

Komentar