Wisata Melbourne : Captain Cook's Cottage

Photo credit: meros.org

Bila berkesempatan berkunjung ke Melbourne, banyak wisata menarik yang bagus untuk dikunjungi, selain tempatnya yang instagramable, beberapa mempunyai nilai sejarah yang menarik.
Salah satu yang direkomendasikan adalah :

CAPTAIN COOK’S COTTAGE
Lokasi Taman Fitzroy, Melbourne, Australia 
Sebelum memulai petualangan, mari kita simak sejarah dari bangunan Captain Cook’s Cottage.
Pondok ini dibangun pada tahun 1755 di desa Inggris Great Ayton, Yorkshire Utara, oleh orang tua dari Navigator dan penjelajah terkenal asal Ingriss Captain James Cook. 
Photo credit : wikipedia.org
Pada tahun 1933, ahli waris pemilik pondok memutuskan untuk menjualnya dengan syarat bangunan ini tetap berada di Inggris. Namun berdasarkan pendekatan yang baik maka pemilik pondok bersedia menjual pondok sesuai kesepakatan bersama.
Dalam sejarah dituliskan bahwa Captain James Cook tidak pernah tinggal di pondok tersebut, sang Captain sudah jauh dari rumah selama hampir sepuluh tahun ketika ayahnya membangun rumah tersebut, akan tetapi hubungan rumah ini dengan keluarga Cook sudah cukup untuk mendorong Sir Russell Grimwade, seorang pengusaha terkenal dan dermawan, untuk mengangkut pondok ke Australia. Maka pondok  ini pun dirombak dan sebagian besar pondasinya dipindahkan ke Australia. 
Bata demi bata yang mendekonstruksi bangunan ini di angkat dan dikemas kedalam 253 casing dan  40 barel. Yang mengejutkan, setiap bata diberi nomor individual, dikemas ke dalam tong dan kemudian dikirim ke Australia, bersama dengan potongan penutup ivy asli.  Semua dikemas dan dikirim diatas kapal Port Dunedin dari Hull. 

Sir Russell Grimwade, kemudian menyumbangkan rumah itu kepada masyarakat Victoria untuk peringatan seratus tahun settlement of Melbourne pada Oktober 1934.
Dengan demikian cottage tersebut bisa dikunjungi oleh siapa saja, wisatawan, dalam dan luar negeri.

Saat berkunjung kita akan diajak untuk mencari tahu mengapa Cooks’ Cottage menjadi salah satu landmark besar kota Melbourne dalam jejak keluarga Captain Cook. Pengunjung disambut oleh para staf yang memakai kostum abad ke-18.
Untuk menambah wawasan tentang pemilik asli rumah ini tersedia pula tour mengelilingi seluruh area bangunan yang tersusun atas dua lantai, berisi properti lengkap yang ditinggalkan oleh pemiliknya.  Selain itu pengunjung  juga akan diajak untuk mempelajari semua hal yang berhubungan dengan kehidupan Captain James Cook serta beragam pengalaman hidupnya yang terjadi di masa abad ke-18.
Photo credit : wikipedia.org
Captain Cook’s Cottage buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai 5 sore.
Untuk melihat Captain Cook’s cottage dari luar saja, gratis, tapi kalau mau masuk ke dalam cottage bayar AU$ 6.-  dan dapat menyewa kostum abad 18 untuk berfoto di sini. 
HTM cottage tersebut adalah harga saat Juni 2018, ketika saya berkunjung kesana.









Komentar